Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Secara Tradisional

Kaki pecah pecah menjadi salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu. Selain seringkali terasa kasar dan gatal, kaki pecah pecah juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Semua sensasi yang ditimbulkan oleh kaki yang pecah pecah pastilah membuat pengidapnya merasa tidak nyaman.

Kaki peca pecah bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab yang paling sering adalah terlalu sering terkena air dan alas kaki yang kurang bersih. Ketika kaki terlalu lama terendam air maka permukaan kulitnya perlahan lahan akan mengelupas dan berubah menjadi permukaan kulit yang pecah pecah. Kondisi ini dapat semakin buruk jika air yang mengenai kaki adalah air yang tercampur deterjen ketika tengah mencuci.

Menggunakan alas kaki yang itu itu saja sehingga kebersihannya kurang terjaga juga dapat menyebabkan kaki pecah pecah. Sebaiknya Anda mengganti alas kaki secara berkala. Selain itu pilihlah alas kaki yang berbahan lembut serta cukup tertutup sehingga bakteri tidak mudah masuk dan mengganggu kaki Anda.

Kaki pecah pecah juga ternyata bisa terjadi karena kondisi medis tertentu. Penelitian di dunia medis juga menyebabkan bahwa perempuan yang tengah hamil cenderung lebih rawan menderita kaki pecah pecah.

Cara Menghilangkan Kaki Pecah Pecah

Anda yang sudah terlanjur mengalami kaki pecah pecah tak perlu terlalu risau. Ada cara mengatasi tumit pecah pecah secara tradisional yang bisa Anda coba. Berikut adalah beberapa  bahan alami dan tradisional yang bisa Anda coba:

  1. Madu

Sebagaimana khasiatnya yang telah terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah di kulit wajah, madu juga ternyata bisa digunakan untuk melawan masalah cara mengatasi tumit pecah pecah secara tradisional. Caranya cukup mudah, cukup siapkan sebaskom air hangat dan kemudian tambahkan dengan madu sebanyak 1 cangkir. Kemudian rendamlah kaki Anda dalam campuran tersebut selama 15 hingga 20 menit. Jangan lupa gosok gosok tumit untuk mengangkat sel kulit mati seusai berendam agar sel kulit mati terangkat.

  1. Cuka Putih
Baca Juga :  Cara Menggunakan Tespek untuk Tes Kehamilan

Cuka putih memiliki kandungan asam asetat yang cukup tinggi. kandungan tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga pecah pecah pada tumit akan hilang dalam waktu yang lebih cepat. Cara menggunakannya ialah dengan merendam kaki Anda di dalam campuran cuka putih dan air hangat. campurkan 1 cangkir cuka putih dengan 2 cangkir air hangat. Demi hasil yang lebih maksimal, keringkan kaki dan oleskan pelembab sesudah menjalani proses ini.

  1. Minyak Zaitun

Bahan alami lain yang bisa membantu cara mengatasi tumit pecah pecah secara tradisional secara tradisional adalah minyak zaitun. Minyak dari buah zaitun ini memang telah lama terkenal keampuhannya dalam menyelesaikan berbagai masalah kulit. Minya zaitun cukup diteteskan pada kapas dan dioleskan langsung pada bagian kaki yang pecah pecah. Jika ingin kaki pecah pecah hilang lebih cepat maka usahakanlah memakainya secara rutin sekitar 2 kali dalam sehari.

  1. Pisang

Jangan buru buru membuang pisang yang nampak sudah terlalu matang, buah yang satu ini ternyata juga ampuh menghilangkan kaki pecah pecah. Cukup lumatkan pisang hingga halus dan balurkan pada bagian kaki yang pecah pecah. Diamkan selama 15 menit sebelum dibersihkan. Kandungan nutrisi yang ada pada pisang matang diyakini mampu menutrisi kulit secara maksimal sehingga pecah pecah pada kaki cepat hilang.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki dan tumit yang pecah pecah.