Selain Sikat Gigi Bayi 11 Bulan Supermom Juga Perlu Beberapa Tips ini

Hallo supermom,kembali lagi dengan supemin yang siap sharing informasi-informasi bermanfaat seputaribu dan bayi. Menjadi ibu adalah anugerah yang ngeri-ngeri sedep ya nggak sihmom. We might feel tired but pleasure at the same time. Anyway, topik artikelyang ingin mimin share hari ini adalah seputar gigi si kecil. Menjadi ibu tentu harus menjadi manusia super power yang mengharuskan supermom bisa melakukan hal-hal multitasking tanpa mengurangi kualitas dari kerja ya moms. Seperti yang satu ini, ketika anak baru masuk usia dimana sudah mulai tumbuh gigi atau mengenal makanan pendamping ASI. Moms harus segera berlatih dan mempelajari cara untukmengedukasi si kecil agar bisa membersikan mulut dan giginya. Mulai dari memilih pasta gigi, memilih sikat gigi bayi 11 bulan sampai menjaga agar selama proses belajar si kecil tidak terluka dan menyempurnakan hasil kerja si kecil. Walaupun terlihat banyak dan melelahkan tapi moms pasti senang kan jika melihatsi kecil ceria terus.

Makanan Penyebab Kerusakan Gigi Bayi

Masuk pada beberapa pnyebab kerusakan gigi si kecil. Rupanya bukan hanya permen dan makanan manis saja loh moms. Jika moms cukup menjaga si kecil dari makanan manis mungkin moms juga harus mulai memperhatikan makanan seperti buah kering, jus, selai, kerupuk, roti dan pasta. Karena jenis-jenis makanan tersebut juga menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi pada bayi loh moms. Tentu sebagai orang tua ingin memberikan gizi yang seimbang tapi tetap perbanyak sayur dan buah akan menjadi pilihan yang lebih baik loh moms.

Tips Merawat Mulut dan Gigi Pada Bayi Usia 7-12 Bulan

Lanjut nih moms. Kalau supermom semua sudah tahu mana saja makanan yang sebaiknya dikurangi mulai sekarang. Sekarang supermom juga harus sigap dalam merawat mulut dan gigi bayi. Jika supermom termasuk ibu yang rajin berkonsultasi pada dokter tentu akan mudah karena dokter senantiasa merekomendasikan produk dan metode perawatan yang tepat. Tetapi jika tidak terlalu rutin beberapa tips berikut ini penting untuk diperhatikan loh moms:

  1. Membersihkan mulut bayi dengan kain lembab setelah habis menyusui.
  2. Memberikan air putih jika si kecil merasa haus dan bukan jadwalnya minum susu.
  3. Selalu basahi sikat gigi si kecil sebelum digunakan.
  4. Rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut si kecil 6 bulan sekali pasca gigi pertama muncul.
  5. Menjaga agar si kecil tidak minum susu ketika tidur malam kecuali diberikan air putih.
Baca Juga :  Cara Menggunakan Tespek untuk Tes Kehamilan

Tips Menyikat Gigi Bayi

Tips beirkut ini diperoleh dari American Academy of Pediatrics. Lembaga tersebut merekomendasikan agar supermom menggunakan pasta gigi yang memiliki hanya sedikit kandungan flouride untuk si kecil. Karena terlalu tingginya kadnungan flouride akan membuat gigi si kecil menjadi rapuh. Kemudian, seperti motto yang selama ini dikampanyekan dokter gigi Indonesia. Mulai ajarkan si kecil untuk menyikat giginya dua kali sehari. Jika sudah belajar menggunakan pasta gigi. Bubuhkan pasta gigi seukuran biji jagung pada sikat gigi si kecil ya moms. Pada bagian finishing touch moms harus sigap membersihkan bagian dalam mulut terutama lidah dan sela-sela gigi yang sering terlewatkan oleh si kecil. Terakhir, si kecil kadang menggigit sikat gigi terlalu keras dan membuat sikat gigi cepat rusak. Moms sebaiknya segara mengganti sikat gigi yang sudah mulai terentang bulunya dengan sikat gigi baru.

Well, moms itu beberapa tips dan informasi untuk supermom semua. Semoga info tersebut bermanfaat. Keep calm and become supermom.