Cara Menggunakan Tespek untuk Tes Kehamilan

Hampir semua pasangan yang telah menikah ingin mempunyai anak sebagai penerus keturunan. Ada pasangan yang ingin mempunyai anak langsung setelah menikah, ada pula yang memutuskan untuk menunda selama beberapa saat. Keputusan untuk menunda tentu didasarkan berbagai alasan. Ada yang menunda karena alasan ekonomi, karena alasan kesehatan, kesipana mental atau sekedar masih ingin menikmati waktu berdua dengan pasangan.

Memiliki anak adalah hal yangmenyenangkan dan menantang. Karena membesarkan dan mendidik anak akan benarbenar mengubah kehidupan maka sebaik baiknya kehamilan adalah kehamilan yangdirencanakan. Kehamilan yang telah direncanakan dengan baik akan membuat calonorang tua sudah lebih siap dari segi mental, kesehatan hingga ekonomi sehinggatak akan kalang kabut ketika melihat hasil tes kehamilan menunjukkan tanda positif.

Merencanakan kehamilan bisa dimulai dengan menghitung masa subur. Masa subur adalah masa dimana jendela rahim terbuka lebar. Sel telur yang ada di dalamnya juga sedang berada dalam kondisi yang sangat sempurna untuk dibuahi sehingga peluang untuk hamil pasca melakukan hubungan badan lebih besar. Lalu bagaimanakah cara mengetahui masa subur perempuan:

Cara Menghitung Masa Subur

Masa subur wanita berlangsung sekitar 3 hingga 1 minggu setiap bulannya. Menghitung masa subur perlu dimulai dengan menghitung berapa rata rata rentang waktu dari haid Anda. Rentang waktu yang normal dari haid satu ke haid berikutnya bagi seorang perempuan adalah 21 hingga 40 hari.

Jika sudah menemukan rata rata rentang waktu menstruasi, ingatlah tanggal menstruasi terakhir Anda. Setelah itu hitung maju sebanyak rentang waktu haid yang telah Anda ketahui. Misalnya rentang waktu haid Anda adalah 25 hari dan haid di bulan ini dimulai tanggal 1, maka haid Anda yang berikutnya akan berlangsung di tanggal 26.

Baca Juga :  Moms Harus Tahu! 7 Makanan Pelancar ASI Ibu Menyusui

Masa subur adalah 14 hari sebelum haid berikutnya serta 2 hari sebelum dan 2 hari sesudah. Jika Anda akan haid lagi pada tanggal 26, berarti masa subur Anda berada di tanggal 10, 11, 12, 13 dan 14. Jika sudah menginginkan anak maka Anda dan pasangan perlu lebih gencar melakukan hubungan badan pada tanggal tersebut. Sebaliknya, jika belum menginginkan anak maka hindari melakukan hubungan seksual tanpa pengamanan di tanggal tanggal tersebut.

Adanya masa subur tak berarti hubungan seksual yang dilakukan di luar tanggal tersebut tak beresiko menyebabkan kehamilan. Hanya saja peluang kehamilan di tanggal tanggal lain lebih kecil ketimbang peluang hamil jika melakukan hubungan seksual di masa subur.

Jika melakukan hubungan seksual dimasa subur maka sebaiknya Anda bisa mempersiapkan tespek untuk digunakan.Biasanya para perempuan mencoba menggunakan tespek jika mengalami keterlambatanhaid. Cara menggunakan tespek juga cukup mudah. Cukup buka plastikpelindungnya, lalu siram menggunakan air seni (kencinglah di atasnya). Biarkanselama 1 menit atau lebih.

Jika cara menggunakan tespek sudah tepat maka hasilnya akan segera keluar. Garis dua pada tespek berarti positif hamil, sementara jika garisnya hanya satu berarti tidak terjadi kehamilan. Jika muncul 2 garis namun yang 1 masih nampak samar sebaiknya Anda mengulang penggunaan tespek beberapa hari kemudian.

Sebagai alat tespek juga tentu memiliki kemungkinan untuk menunjukkan hasilyang keliru. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika Andamerasa ada sesuatu yang tak sesuai.